Home » Bisnis Online » 3 Jenis Tipe Pelanggan

3 Jenis Tipe Pelanggan

3 Jenis Tipe Pelanggan

Ketika kita menjalani sebuah usaha / berdagang pasti kita akan menemui yang namanya pelanggan dan supplier. Dengan kita bisa menjaga hubungan dengan pelanggan dan supplier maka secara tidak langsung akan mempengaruhi umur dari bisnis atau usaha yang kita jalani tersebut ke depannya.

 

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya membuat kategori pelanggan menjadi 3 Kategori, sebenarnya banyak sekali kategori-kategori pelanggan yang mungkin nanti akan Anda temui dalam perjalanan bisnis atau usaha Anda Sobat. Tapi kurang lebih dari begitu banyak kategori pelanggan 3 jenis ini yang paling akan banyak Anda temui.

berikut ini merupakan 3 Jenis Tipe Pelanggan yang Akan Anda Temui :

  1. Pelanggan Biasa
  2. Pelanggan MLM
  3. Pelanggan Biang Kerok

Mari kita babarkan satu per satu yah Sob.

  1. Pelanggan Biasa merupakan Pelanggan umum yang akan Anda temui di usaha Anda, mereka hanya beli setelah itu pergi, kadang beli datang kembali, Tapi terkadang pergi belanja di tempat lain. Dan Pelanggan Tipe ini merupakan Standar pelanggan yang paling banyak akan Anda temui.
  2. Pelanggan MLM merupakan Pelanggan Yang Asik dan harus Anda service dengan baik, karena dia akan melakukan Marketing Lewat Mulut (MLM) dimana dia akan membantu mempromosikan produk dan jasa kita kepada teman-temannya. Tipe pelanggan ini merupakan marketing Zero Cost yang bisa Anda gunakan untuk memperluas jaringan pemasaran Anda dan juga tentunya meningkatkan Omset Anda Sob.
  3. Pelanggan Biang Kerok merupakan Pelanggan Yang Kurang Asik, Pelanggan tipe ini juga merupakan Marketing Lewat Mulut (MLM), tapi dia biasanya cenderung menjelekan produk dan jasa Anda ke teman-temannya, dan kalaupun mereka benar-benar membeli produk dan mempromosikan produk kita, mereka pasti segerombolan orang yang biasanya selalu ingin minta diskon tambahan tetapi tidak ingin membeli dalam kuantiti banyak, tinggal Sobat timbang saja masih untung silahkan jualan, klo engga yah sudah lupakan saja. Biasanya saya tidak terlalu fokus dengan pelanggan tipe ini, karena menghabiskan banyak waktu untuk melayaninya, tetapi bukan erarti kita juga menolak pelanggan tipe ini. Cuman kita lebih banyak melakukan pendekatan dan fokus pada Pelanggan MLM dan merubah pelanggan biasa menjadi pelanggan MLM.

Semoga bisa menjadi wawasan dan Tambahan untuk  dalam memilih Calon Pelanggan dan Menjaga Pelanggan Tetap Anda.

 

Jangan lupa untuk membaca Tipe Supplier Juga Disini >>> 3 Jenis Tipe Supplier

 

Your Online Breakthrough Partners,
See it
Hear it
Try it

Leave a Reply

X
%d bloggers like this: